Makalah Sumber Daya Manusia dan Organisasi

BAB I

PENDAHULUAN

1.1.    Latar Belakang

Sumber daya manusia adalah salah satu faktor yang sangat penting untuk pembangunan intitusi maupun organisasi. Oleh karena itu dalam melaksanakan pembangunan disuatu institusi ataupun organisasi perlu diketahui keadaan sumber daya manusia nya.

Sumber daya manusia merupakan faktor hal yang sangat penting bahkan tidak dapat dilepaskan dari sebuah organisasi, karena sumber daya manusia yang dipekerjakan di sebuah organisasi sebagai penggerak untuk mencapai visi dan misi untuk mencapai kepentingan organisasi tersebut.

Organisasi merupakan suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama. Menurut Lubis dah Husein (1987) bahwa organisasi itu adalah sekumpulan ilmu pengetahuan yang membicarakan mekanisme kerjasama dua orang atau lebih secara sistematis untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan, atau merupakan sebuah teori untuk mempelajari kerjasama pada setiap individu.

Struktur organisasi merupakan alat untuk membantu manajemen dalam mencapai tujuannya. Struktur tersebut dapat mempengaruhi pada pekerjaan dan setiap individunya sehingga menjelaskan bagaimana tugas kerja akan di bagi, di kelompokkan dan di kordinasikan secara formal.

1.2.  Rumusan Masalah

  1. Definisi Struktur Organisasi ?
  2. Macam – Macam Organisasi ?
  3. Bagaimana Struktur Organisasi yang digunakan PT Djarum?

1.3    Tujuan

Secara umum tujuan organisasi merupakan keadaan atau tujuan yang ingin dicapai oleh organisasi di waktu yang akan datang melalui kegiatan organisasi.Untuk mencapai tujuan dalam organisasi, pelaku (orang) dalam organisasi diharapkan untuk mendesain ataupun me-manage organisasinya dengan matang agar organisasi dapat berjalan dengan baik.

BAB II

PEMBAHASAN

2.1     Landasan Teori

2.1.1  Struktur Organisasi

          Struktur Organisasi adalah suatu susunan dan hubungan antara tiap bagian serta posisi yang ada pada suatu organisasi atau institusi dalam menjalankan kegiatan operasional untuk mencapai tujuan yang di harapakan dan di inginkan. Struktur Organisasi menggambarkan dengan jelas pemisahan kegiatan pekerjaan antara yang satu dengan yang lain dan bagaimana hubungan aktivitas dan fungsi dibatasi. Dalam struktur organisasi yang baik harus menjelaskan hubungan wewenang siapa melapor kepada siapa, jadi ada satu pertanggung jawaban apa yang akan di kerjakan.

2.2.2  Macam – Macam Struktur Organisasi

  1. Organisasi Lini

          Struktur organisasi lini adalah bentuk sebuah organisasi dimana pelimpahan wewenang langsung secara vertical dan sepenuhnya dari kepemimpinan terhadap bawahannya. Bentuk lini juga disebut bentuk lurus atau bentuk jalur.

  1. Organiasi Lini dan Staff

          Struktur Organisasi Lini dan Staff adalah adalah kombinasi dari organisasi lini dan organisasi fungsional. Pelimpahan wewenang dalam organisasi ini berlangsung secara vertikal dari seorang atasan pimpinan hingga pimpinan dibawahnya. Untuk membantu kelancaran dalam mengelola organisasi tersebut seorang pimpinan mendapat bantuan dari para staf dibawahnya. Tugas para staf disini adalah untuk membantu memberikan pemikiran nasehat atau saran-saran, data, informasi dan pelayanan kepada pimpinan sebagai bahan pertimbangan untuk menetapkan suatu keputusan atau kebijaksanaan. Pada struktur organisasi ini Hubungan antara atasan dengan bawahan tidak secara langsung.

  1. Organisasi Fungsional

Struktur Organisasi fungsional diciptakan oleh F.W.Taylor adalah suatu bentuk organisasi di mana kekuasaan pimpinan dilimpahkan kepada para pejabat yang memimpin satuan di bawahnya dalam satuan bidang pekerjaan tertentu. Struktur ini berawal dari konsep adanya pimpinan yang tidak mempunyai bawahan yang jelas dan setiap atasan mempunyai wewenang memberi perintah kepada setiap bawahan, sepanjang ada hubunganya dengan fungsi atasan tersebut.

  1. Organisasi Lini dan Fungsional

          Struktur Organisasi Lini dan Fungsional adalah organisasi yang masing-masing anggota mempunyai wewenang yang sama dan pimpinannya kolektif. Organisasi Komite lebih mengutamakan pimpinan, artinya dalam organisasi ini terdapat pimpinan “kolektif/ presidium/plural executive” dan komite ini bersifat managerial. Komite dapat juga bersifat formal atau informal,komite-komite itu dapat dibentuk sebagai suatu bagian dari struktur organisasi formal, dengan tugas-tugas dan wewenang yang dibagi-bagi secara khusus.

2.1.3  Struktur Organisasi PT Djarum

Struktur Organisasi yang digunakan di PT Djarum adalah organisasi lini dan staff. Pimpinan Organisasi mengangkat seorang staff dan bawahan nya untuk membantu pekerjaan yang dicapai.

1

Pembagian Tugas :

1. Chief Executive Officer

Chief Executive Officer merupakan seseorang yang bertugas untuk memimpin perusahaan dan bertanggung jawab atas kestabilan perusahaan.

2. Strategic Affairs

Bagian ini memiliki tugas dan wewenang sebagai perencanaan strategis didalam menghadapi berbagai macam tantangan baik eksternal maupun internal yang dapat menentukan maju mundurnya perusahaan PT Djarum didalam menghadapi berbagai hambatan.

3. Chief Operating Officer

Chief Operating Officer merupakan seseorang yang bertanggung jawab atas operasional harian dalam sebuah perusahaa

4. Public Affairs

Bagian perusahaan yang bertugas untuk mengurusi hubungan perusahaan dengan pemerintah, menangani apakah perusahaan sudah sesuai dengan kebijakan pemerintah.

5. SCM

Bagian ini memiliki tugas dan wewenang untuk merencanakan produksi serta persediaan serta melakukan distribusi ke cabang-cabang PT Djarum

6. QMS

Bagian ini memiliki tugas dan wewenang untuk memeriksa qualitas barang yang diterima dari supplier apakah sesuai denganspesifikasi untuk kemudian dimasukan sebagai kategori: unrestricted stock ataupun blocked stock.

7. Corporate Communication

Bagian ini memiliki tugas dan wewenang didalam mengkoordinasikan aktivitas-aktivitas berkaitan dengan komunikasi baik yang berhubungan dengan media atau publik.

8. Business Development

Bagian ini memiliki tugas dan wewenang didalam merencanakan perkembangan PT Djarum didalam menghadapi berbagai tantangan yang berasal dari dalam maupun dari luar PT Djarum

9. Business Technology

Bagian ini memiliki tugas dan wewenang didalam menyiapkan arsitektur, customizing, serta hal yang berkaitan dengan perencanaan kesiapan didalam menghadapi perkembangan teknogi yang semakin pesat serta kebutuhan- kebutuhan customizingdidalam menghasilkan aplikasi yang efektif, efisien dan user friendly.

10. Production

Bagian ini memiliki tugas dan wewenang didalam merencanakan produksi baik produk setengah jadi maupun produk jadi yang berkualitas tinggi sehingga dapat memenuhi permintaan baik dari pihak eksternal (konsumen/end user) maupun dari permintaan internal (cabang-cabang)

11. Finance

Bagian ini memiliki tugas dan wewenang terhadap penerimaan dan pengeluaran kas, sehingga dengan adanya divisi ini keuangan di PT Djarum dapat terkelola secara optimal serta pencatatan dapat tersimpan dengan baik.

12. Marketing

Bagian ini memiliki tugas dan wewenang untuk mengidentifikasi kebutuhan pangsa pasar sehingga PT Djarum dapat memberikan kepuasan terhadap pelanggan melalui peningkatan kualitas dan kuantitas produk yang dihasilkan PT Djarum.

13. Purchasing

Bagian ini memiliki tanggung jawab untuk melakukan pembelian semua material dan barang yang dibutuhkan untuk proses produksi dan material lain yang dibutuhkan oleh perusahaan.

BAB III

KESIMPULAN

3.1     Kesimpulan

          Penerapan sistem struktur organisasi suatu perusahaan tertentu tidak harus menganut satu pola atau tipe struktur organisasi teoritis yang ada.

3.2     Saran

Sebaiknya masing masing perusahaan menerapkan sistem struktur organisasinya sesuai dengan kebutuhan serta berdasarkan kondisi dan tujuan perusaan tersebut.

3.3     Komentar

          Di dalam suatu perusahaan harus memerlukan struktur organisasi untuk menjalankan visi misi bersama dan kinerja yang maksimal di dalam suatu organisasi tersebut dan mendapatkan hasil yang baik bagi perusahaan dengan semestinya.

Selanjutnya, Sumber daya manusia yang berkualitas dan berattitude dapat dibentuk dari cara kepemimpinan dengan dimana sifat leadership lebih diprioritaskan sehingga dapat menjaga kekompakan dalam team dan menghargai satu sama lain serta mengetahui tugas – tugas yang sudah disesuaikan dengan struktur organisasi tersebut.

PT Djarum memiliki sistem dan struktur dalam pengerjaan nya yang saling memiliki tugas – tugas masing masing sehingga tidak terjadi kinerja dua kali dalam setiap tugas nya. Dan sistem penggajian nya yang sesuai dengan kinerja masing masing dan dituntut untuk memiliki kinerja yang sangat maksimal.

 

 

 

Posted on 17/11/2015, in Pengantar Bisnis Informatika. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: