Hidup punya arti dan bermanfaat bagi orang lain

Hidup memang tidak selamanya berjalan mulus. Bahkan ada kalanya seseorang merasa tidak memiliki tujuan dalam hidup yang pada akhirnya memicu stres, kecemasan, dan suasana hati yang buruk. Hidup harus punya arti, maksud nya adalah memiliki tujuan yang berguna bagi diri sendiri maupun orang lain.

Menentukan tujuan akan membantu kita memilih medan mana yang akan kita arungi, kita juga mengetahui kemana harus mengerahkan tenaga. Akhirnya hidup terasa bermakna, hidup yang benar benar hidup, hidup yang penuh dengan produktifitas karena kita bisa melihat masa depan yang cerah.

Kuncinya adalah kemauan, kemauan kita memberikan manfaat kepada orang lain. Jika kita punya harta, kita bisa memberikan manfaat kepada orang lain dengan harta. Jika kita punya ilmu, kita bisa memberikan manfaat ilmu kepada orang lain. Jika kita punya tenaga, kita bisa memberikan manfaat dari tenaga kita kepada orang lain. Ini adalah langkah awal, kita harus memiliki kemauan untuk memberikan manfaat kepada orang lain. Bagaimana pun kondisi kita. Jangan malah mencari-cari cara untuk mendapatkan manfaat dari orang lain bahkan memanfaatkan orang lain.

Akhirnya kita sadar menjadi orang yang bermanfaat untuk orang lain adalah kebahagiaan yang sejati. kita merasakan kebahagiaan yang mungkin tidak kita temukan saat dulu kala. Ternyata mencari kebahagiaan itu bisa kita jalani melalui proses kesederhanaan.

Semakin kita mengamalkan ilmu dan membagikan ilmu kita kepada orang lain hal itu tidak akan menjadikan kita bodoh, justru ilmu yang kita miliki akan terus bertambah. Jangan sampai kita menjadi orang yang kikir ilmu, hanya karena kita takut kalah tersaingi atau kita tidak ingin ada orang yang sebanding dengan kita. Sungguh pikiran tersebut adalah pikiran yang salah total.  Ada banyak ilmu yang bisa kita bagikan kepapda orang lain, yang penting ilmu itu bukan ilmu sesat yang mengarahkan orang lain berbuat jahat. Berbagi ilmu itu mudah, bisa lewat tulisan, perkataan atau tindakan langsung yang di tujukan kepada orang lain.

Posted on 21/10/2015, in Pengantar Bisnis Informatika. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: