Manual Book Chess Game Strawberryprolog

BAHASA DAN PROGRAM EDITOR

Permainan Ragnarok Chess ini merupakan sebuah permainan yang menggunakan Bahasa Pemrograman Prolog. Kemudian, perangkat lunak yang digunakan sebagai program editornya adalah Strawberry Prolog. Strawberry Prolog merupakan sebuah Bahasa Pemrograman Logika yang memiliki Object Oriented Language. Pada prolog ini tidak terdapat prosedur, hanya terdapat kumpulan data yang akan diolah.

PENGERTIAN AI

Artificial Intelligence atau AI dalam Bahasa Indonesia artinya Kecerdasan Buatan yaitu kecerdasan yang ditunjukkan oleh suatu entitas ilmiah. Kecerdasan dibuat dan dimasukkan ke dalam suatu mesin atau komputer supaya bisa melakukan pekerjaan seperti yang bisa dikerjakan oleh manusia.

ALGORITMA AI GAME

Permainan Ragnarok Chess ini menggunakan algoritma-algoritma sebagai berikut :

 

Minimax

Algoritma minimax merupakan basis dari semua permainan berbasis AI seperti permainan catur misalnya. AI permainan catur tentunya sudah sangat terkenal dimana AI tersebut bahkan dapat mengalahkan juara dunia sekalipun. Pada algoritma minimax, pengecekan akan seluruh kemungkinan yang ada sampai akhir permainan dilakukan. Pengecekan tersebut akan menghasilkan pohon permainan yang berisi semua kemungkinan tersebut. Tentunya dibutuhkan resource yang berskala besar untuk menangani komputasi pencarian pohon solusi tersebut berhubung kombinasi kemungkinan untuk sebuah permainan catur pada setiap geraknya sangat banyak sekali. Keuntungan yang didapat dengan menggunakan algoritma minimax yaitu algoritma minimax mampu menganalisis segala kemungkinan posisi permainan untuk menghasilkan keputusan yang terbaik karena algoritma minimax ini bekerja secara rekursif dengan mencari langkah yang akan membuat lawan mengalami kerugian minimum. Semua strategi lawan akan dihitung dengan algoritma yang sama dan seterusnya. Ini berarti, pada langkah pertama komputer akan menganalisis seluruh pohon permainan. Dan untuk setiap langkahnya, komputer akan memilih langkah yang paling membuat lawan mendapatkan keuntungan minimum, dan yang paling membuat komputer itu sendiri mendapatkan keuntungan maksimum. Dalam penentuan keputusan tersebut dibutuhkan suatu nilai yang merepresentasikan kerugian atau keuntungan yang akan diperoleh jika langkah tersebut dipilih. Untuk itulah disini digunakan sebuah fungsi heurisitic untuk mengevaluasi nilai sebagai nilai yang merepresentasikan hasil permainan yang akan terjadi jika langkah tersebut dipilih.

INITIAL STATE

Game Ragnarok Chess ini, pada tampilan awalnya terdiri dari loading screen dan akan langsung masuk pada menu utama. Di menu utama, kita dapat memilih salah satu dari 3 button yang telah di sediakan, yaiuty button “START”, “HOW TO PLAY”, “EXIT”. Pada button “PLAY” akan tampil window baru yang terdiri dari titik koordinat (seperti point). Di antara titik – titik pada permainan ini bisa di tarik suatu garis, baik secara horizontal maupun vertikal sehingga kita dapat mengumpulkan beberapa garis membentuk persegi. Ketika telah membentuk persegi maka akan keluar gambar bitmap. Gambar bitmap yang akan muncul tersebut dapat berupa gambar yang kita atur seperti gambar ragnarok.

Berikut ini adalah tampilan awal dari Game Ragnarok Chess :

12

  • Pada tampilan awal (Menu Utama) terdiri dari 4 button menu :
  1. Menu START : Berfungsi untuk masuk ke tampilan game play dimana kita dapat memulai permainan Ragnarok Chess
  2. Menu How To Play : Berfungsi untuk menampilkan cara bermain game tersebut melalui browser HTML.
  3. Menu EXIT :  Untuk keluar dari permainan Ragnarok Chess

3

4

6

5

Permainan Ragnarok Chess ini terdapat pula Menu pada tampilan game, yaitu :

  1. Restart :     Berfungsi untuk memulai permainan baru atau restart.
  2. Level :     Berfungsi untuk mengatur level kesuliatan dalam permainan.
  3. Change :     Berfungsi untuk mengatur dalam memilih tampilan Gentlemen dan Lady.
  4. Back :     Berfungsi untuk mengulang step yang sudah kita jalankan.
  5. Forward :     Berfungsi untuk melanjutkan step yang sudah kita jalankan.
  6. Exit :     Digunakan untuk mengakhiri dan keluar dari permainan.

6 7

RULES

Rules atau aturan main yang digunakan pada permainan Ragnarok Chess ini adalah sebagai berikut:

Unit Ragnarok Gentleman:

8

Unit Ragnarok Lady:

9

GOALS

Goal untuk menyelesaikan game Ragnarok Chess ini atau mengalahkan lawan AI pada dengan cara membunuh ataupun memakan bidak catur lawan terutama raja musuh (Rune knight Ragnarok Gentleman/Rune Knight Ragnarok Lady) seperti halnya memainkan catur pada umumnya.

10 11

Algoritma

 

Dalam matematika dan komputasi, algoritma merupakan kumpulan perintah untuk menyelesaikan suatu masalah. Perintah-perintah ini dapat diterjemahkan secara bertahap dari awal hingga akhir. Algoritma akan dapat selalu berakhir untuk semua kondisi awal yang memenuhi kriteria. Algoritma sering mempunyai langkah pengulangan (iterasi) atau memerlukan keputusan (logika Boolean dan perbandingan) sampai tugasnya selesai.Pembuatan algoritma harus selalu dikaitkan dengan kebenaran algoritma dan kompleksitas (lama dan jumlah waktu proses dan penggunaan memori).

Artificial Intelligence

 

Istilah Artificial Intelligince dimunculkan oleh John McCharthy (MIT) , tahun 1956 pada Dartmouth Conference. Artificial Intelligince didefinisikan sebagai kecerdasan yang ditunjukkan oleh suatu entitas buatan. Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia.

Initial States

Initial States adalah sebuah kondisi awal sebuah object sebelum ada perubahan keadaan.

 

Prolog

Prolog merupakan singkatan dari Programming in Logic. Pertama kali dikembangkan oleh Alain Colmetrouer dan P. Roussel di Universitas Marseilles Perancis tahun 1972. Selama tahun 70-an, prolog menjadi popular di Eropa untuk aplikasi AI. Sedangkan di Amerika Serikat, para peneliti juga mengembangkan bahasa lain untuk aplikasi yaitu LISP.

Strawberry Prolog

 

Strawberry Prolog adalah dialek dari bahasa pemrograman Prolog. Sintaksnya sangat dekat dengan ISO-Prolog tapi itu memiliki banyak ekstensi yang bukan bagian dari standar. Gagasan utama dari Strawberry Prolog adalah sangat mudah digunakan dan itulah mengapa beberapa universitas menggunakannya untuk prolog kursus mereka.

Posted on 14/06/2015, in Pengantar Terknologi Game. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: