DESAIN DATABASE SISTEM INFORMASI PENJUALAN BARANG “Minimarket Grace”

PENDAHULUAN

Pengolahan data untuk menghasilkan informasi secara terkomputerisasi, merupakan sarana yang sangat dibutuhkan saat ini pada berbagai jenis usaha, karena informasi mampu disajikan dalam waktu yang cepat akurat dan. Informasi yang mampu disajikan dengan cepat dan akurat mampu menghasilkan pengambilan keputusan yang cepat dan efektif.

Minimarket merupakan jenis usaha yang berorientasi pada laba. Dengan pengolahan data secara terkomputerisasi, barang yang telah dijual mampu diketahui secara cepat, berserta keuntungannya. Pengolahan data secara terkomputerisasi juga mampu membantu dalam mengontrol penyetokan barang, mengontrol kadaluarsa barang, mengetahui barang apa yang paling banyak terjual/laku, barang apa yang paling sedikit terjual/tidak laku, membandingkan antar merk untuk barang sejenis yang paling sering dicari, mengetahui tingkat penjualan dari setiap periode tertentu (hari, bulan, dan tahun) baik disajikan dalam bentuk angka-angka di sebuah tabel maupun grafik. Dengan keuntungan-keuntungan yang disebabkan oleh pengolahan data secara terkomputerisasi tersebut, mampu mempermudah si pemilik minimarket dalam menentukan tindakan apa yang harus dilakukan ke depannya nanti,dalam membuat kebijakan-kebijakan untuk memperlancar dan meningkatkan penjualan barang di minimarket-nya.

ANALISIS

Dari kelompok kami akan menganalisis proses gambaran sistem bisnis yang terjadi pada salah satu minimarket yang ada di palembang yaitu “Minimarket Grace“ sebagai berikut :

1

Perangkat Desain Database yang di gunakan pada supermarket ini adalah Entity Relationship Diagram (ERD).

Entity relationship (ER) data model didasarkan pada persepsi terhadap dunia nyata yang tersusun atas kumpulan objek-objek dasar yang disebut entitas dan hubungan antar objek (Simarmata & Paryudi, 2006:59). Entitas adalah sesuatu atau objek dalam dunia nyata yang dapat dibedakan dari objek lain. Misal: mahasiswa, dan matakuliah. Entitas digambarkan dalam basis data dengan kumpulan atribut. Misalnya: nim, nama, alamat, dan kota. Relasi adalah hubungan antara beberapa entitas. Misalnya: relasi menghubungkan mahasiswa dengan mata kuliah yang diambilnya. Struktur logis (skema database) dapat ditunjukkan secara grafis dengan diagram ER yang dibentuk dari komponen-komponen berikut :

2

Dari penjelasan diatas akan kita jelaskan arti dari maksud ini :

  • Entitas adalah sesuatu yang memiliki keberadaan yang unik dan berbeda, walaupun tidak harus dalam bentuk fisik. Abstraksi, misalnya, biasanya dianggap juga sebagai suatu entitas. Dalam pengembangan sistem, entitas digunakan sebagai model yang menggambarkan komunikasi dan pemrosesan internal seperti misalnya membedakan dokumen dengan pemrosesan pesanan.
  • Atribut adalah sebagai Kolom bernama dalam suatu relasi. setiap relasi pasti memiliki beberapa atribut atribut didalamnya untuk merepresentasikan data data yang di kadung didalamnya.  Urutan kemunculan atribut tak jadi permasalah selama masih merepresentasikan data yang sama bagaimanapun urutan kemunculan atribut atribut didalamnya.
  • Relasi adalah tabel dengan baris-baris dan kolom yang menjadi penyusunya. Elemen relasi adalah baris baris (tupel)  dalam tabel bersebut. Baris atau tupel ini serupa dengan record dalam file. tupel tupel ini dapat muncul dengan sembarang urutan dalam relasi, dan tupel tupel ini tidak mungkin atau tidak boleh muncul lebih dari satu kali, karena setiap baris atau tupel adalah unik. Sehingga relasi dapat juga di katakan sebagai himpunan tupel yang unik. Oleh karena dia merupakan himpunan tupel tupel, sehingga urutan menjadi tidak dipermasalahkan selayaknya teori himpunan dalam matimatika.

Selanjutnya akan di jelaskan tentang tujuan dari sistem yang di gunakan oleh Minimarket Grace oleh teman saya Bayu septian

Nama Kelompok :

Nama Kelompok

  • Bayu Septian ( 51412398 )
  • Lingga Agung P ( 54412223 )
  • Reza Firmansyah ( 56412200 )

Daftar Pusaka :

Octafian, Tri, (2011), Desain Database SIstem Informasi Penjualan Barang, http://news.palcomtech.com.

Plani Ginting, Hermawan, (2010), Sistem Basis Data Tabel Rasional, http://hermanginting.blogspot.com.

Posted on 03/10/2014, in Sistem Basis Data. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: