3 NEW MEDIA

Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial dan situs web yang diluncurkan pada Februari 2004 yang dioperasikan dan dimiliki oleh Facebook, Inc. Pada Januari 2011, Facebook memiliki lebih dari 600 juta pengguna aktif. Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan sesama mahasiswa ilmu komputerEduardo Saverin, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes. Keanggotaan situs web ini awalnya terbatas untuk mahasiswa Harvard saja, kemudian diperluas ke perguruan lain di Boston, Ivy League, dan Universitas Stanford. Situs ini secara perlahan membuka diri kepada mahasiswa di universitas lain sebelum dibuka untuk siswa sekolah menengah atas, dan akhirnya untuk setiap orang yang berusia minimal 13 tahun

Beberapa fitur – fitur pada Facebook :

  1. Wall : adalah ruang di setiap halaman profil pengguna yang memungkinkan teman-teman mengirimkan pesan ke pengguna agar dibaca sekaligus menampilkan waktu dan tanggal pesan ditulis.
  2. Status Update : Facebook memiliki fitur bernama “status update” (atau “status” saja) yang memungkinkan pengguna mengirimkan pesan ke semua teman mereka agar dapat dibaca.
  3. Photo Tagging : yang membuat kita dapat mengetahui nama-nama dari orang-orang yang ada di sebuah foto. Selain itu, foto-foto yang memuat diri kita pun dikumpulkan jadi satu, sehingga mudah dicari.
  4. Chat : pengguna facebook dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya melalui fitur chat. Apabila status seseorang “online” maka anda langsung dapat bercakap-cakap dengannya.
  5. Games : ada banyak games yang terintegrasi dengan Facebook. Sebagian besar games tersebut memungkinkan kita dapat berinteraksi dengan teman-teman kita di Facebook di dalam games tersebut. Banyaknya games juga didukung oleh diperbolehkannya setiap orang untuk membuat aplikasi Facebook sendiri.
  6. Notification : memberikan notifikasi kepada pengguna mengenai update-update terbaru yang berkaitan dengan akun facebook-nya.
  7. Friend Request : seorang pengguna dapat meminta kepada pengguna lainnya untuk ditambahkan ke dalam daftar teman facebook-nya dengan mengirimkan friend request, dan hal tersebut dapat diterima maupun ditolak.

Manfaat Facebook

1. Tetap terhubung degan teman dan kerabat.

2. Hemat : Dengan facebook kalian dapat menyebarkan undangan acara, beriklan atau sekedar baca artikel menarik secara gratis.

3. Tambah Relasi : Tak hanya untuk relasi bisnis atau teman baru malah banyak percintaan

4. Kabar Berita : Ada banyak kabar berita dari teman kita, ada yang curhat, ada yang promosi, ada yang lagi ceramah, ada yang sedih

5. Mesin pencetak uang : Bisa jual beli barang dagang di facebook, dengan pendapatan yang sangat menggiurkan

Kelebihan Facebook

1. Penggunaan facebook sangatlah mudah dibanding dengan yang lainnya. Tinggal klik dan selesai.

2. Facebook merupakan situs jejaring sosial terbesar saat ini, sehingga pemakainya banyak.

3. Upload gambar sangatlah mudah.

4. Pemakaiannya gratis dan tanpa batasan.

5. Facebook dapat digunakan untuk tempat bisnis, terlebih untuk sales yang akan mempromosikan    produknya.

6. Facebook dapat diakses di manapun anda berada, dan dapat melalui berbagai macam media seperti PC, laptop, netbook, dan handphone sekalipun.

Kekurangan Facebook

1. Melakukan Plagian Nama biasanya mirip selebritis, jadi tidak tahu mana yang asli dan yang palsu

2. Facebook menjadi ajang penjualan diri. Maksudnya banyak pekerja seks komersial yang menawarkan dirinya melalui facebook.

3. Lebih dari 60% pelajar di Indonesia adalah pengguna facebook dan 75% per harinya mereka akan membuka situs ini, sehingga mengganggu kegiatan belajar mereka.

4. Facebook acap kali menjadi tempat lahirnya isu-isu sosial, diantaranya melakukan pelecehan melaui status, menghina lewat comment, dll.

Twitter adalah layanan jejaring sosial dan mikroblog daring yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan berbasis teks hingga 140 karakter, yang dikenal dengan sebutan kicauan (tweet). Twitter didirikan pada bulan Maret 2006 oleh Jack Dorsey, dan situs jejaring sosialnya diluncurkan pada bulan Juli. Sejak diluncurkan, Twitter telah menjadi salah satu dari sepuluh situs yang paling sering dikunjungi di Internet, dan dijuluki dengan “pesan singkat dari Internet”. Di Twitter, pengguna tak terdaftar hanya bisa membaca kicauan, sedangkan pengguna terdaftar bisa memosting kicauan melalui antarmuka situs web, pesan singkat (SMS), atau melalui berbagai aplikasi untuk perangkat seluler.

Twitter dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter, Inc., yang berbasis di San Francisco, dengan kantor dan server tambahan terdapat di New York City,Boston, dan San Antonio.

Beberapa fitur – fitur pada Twitter :

1. Tweets : teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna.

2. Following : akun seseorang yang mengikuti (menjadi follower) akun pengguna lain agar tweets yang dikirim oleh orang yang diikuti tersebut masuk ke dalam halaman utamanya.

3. Mentions : biasanya konten ini merupakan balasan dari percakapan agar sesama pengguna bisa langsung menandai orang yang akan diajak bicara.

4. Hashtag : ditulis di depan topik tertentu agar pengguna lain bisa mencari topik yang sejenis yang ditulis oleh orang lain juga.

5. Trending Topic : topik yang sedang banyak dibicarakan banyak pengguna dalam suatu waktu yang bersamaan.

Manfaat dari Twitter :

1. Media Riset : Berbagai latar belakang juga berkumpul di social media, Mereka semua aktif bersosialisasi di Twitter nyaris setiap saat. Maka, sebenarnya di sana kita bisa memanfaatkannya utnuk riset sederhana.

2. Promosi & Marketing : potensi besar bagi sebuah praktek promosi dan pemasaran. Karenanya, Twitter sangat potensial untuk dimanfaatkan sebagai media promosi dan marketing sebuah produk, jasa atau brandingperusahaan.

3. Sumber Inspirasi : begitu banyak kata-kata mutiara, nasehat, curhatan, berbagi pengalaman, dll, dikisahkan dalam bentuk tweet. Semua itu, jika Anda cermat, bisa jadi inspirasi bagi Anda. Dan ini adalah manfaat tambahan yang penting bagi Anda

Kelebihan dari Twitter

1. Twitter adalah sebuah layanan gratis dan sederhana untuk menyiarkan status singkat melalui Internet. Karena singkat, status Twitter dapat dikirim melalui e-mail, SMS, dan jejaring sosial.

2. Untuk menuliskan status Twitter, seseorang harus memiliki akun. Namun setelah memiliki akun, untuk menulis status atau tweet dapat melalui banyak program untuk berbagai perangkat, tidak harus melalui twitter.com.

3. Status Twitter dapat langsung diumumkan ke seluruh pemakai Twitter. Beda dengan status Facebook yang hanya dapat dilihat oleh pengguna yang sudah menjadi teman. Itulah sebabnya kini Twitter banyak dipakai oleh para politisi, perusahaan, bahkan pemerintah (tapi di negara lain lho).

4. Twitter juga menyediakan komunikasi langsung ke sesama pengguna Twitter, sehingga tidak terbaca pengguna lainnya.

5. Sangat interaktif, extensible messaging platform dengan API terbuka, banyak aplikasi lain yang sedang dikembangkan (Twitterific, Summize, Twhirl, dll)

 

Kekurangan dari Twitter

1. 21% dari account Twitter ternyata kosong. Ini merupakan persentase dari account Twitter yang belum pernah diposting satu Tweet. Mereka mungkin juga bisa terdaftar untuk terus menggunakan username terakhirnya, atau hanya account percobaan yang dibuat tetapi tidak pernah digunakan.

2. Hampir 94% dari seluruh account Twitter hanya memiliki kurang dari 100 follower. Dalam mencari kemungkinan konsisten dengan tool bercorak baru serta fakta bahwa banyak orang mungkin saat ini dapat memiliki account untuk mulai mencoba dengan alat, Sysomos telah menemukan mayoritas pengguna Twitter memiliki followership sangat rendah.

3. Separuh dari semua pengguna Twitter “tidak aktif.” Jika Kita mengambil gambaran umum menjadi “aktif” di Twitter berarti bahwa Kita telah mengirim Tweet di beberapa titik dalam 7 hari terakhir (1 bulan), maka survei dapat mengetahui bahwa 50,4% dari seluruh pengguna Twitter sesuai dengan kategori ini. Jika ita keluarkan 21% dari point pertama, berarti ini sekitar 30% dari pengguna yang telah memiliki account dan telah melakukan tweet sebelumnya, tetapi yang akan terjadi justru sekarang tidak aktif.

4. batasan karakter posting box sebanyak 140 karakter merupakan salah satu kekurangan twitter. jika ternyata postingan blog yang akan di-twitter-kan memiliki jumlah karakter judul dan permalink yang melebihi 140 terpaksa harus menggunakan fasilitas url shortener gratisan yang banyak disediakan web untuk memperpendek jumlah karakter permalink.

YouTube adalah sebuah situs web berbagi video yang dibuat oleh tiga mantan karyawan PayPal pada Februari 2005. Situs ini memungkinkan pengguna mengunggah, menonton, dan berbagi video.Perusahaan ini berkantor pusat di San Bruno, California, dan memakai teknologi Adobe Flash Video dan HTML5 untuk menampilkan berbagai macam konten video buatan pengguna, termasuk klip film, klip TV, dan video musik. Selain itu ada pula konten amatir seperti blog video, video orisinal pendek, dan video pendidikan.

Kebanyakan konten di YouTube diunggah oleh individu, meskipun perusahaan-perusahaan media seperti CBSBBCVevoHulu, dan organisasi lain sudah mengunggah material mereka ke situs ini sebagai bagian dari program kemitraan YouTube. Pengguna tak terdaftar dapat menonton video, sementara pengguna terdaftar dapat mengunggah video dalam jumlah tak terbatas. Video-video yang dianggap berisi konten ofensif hanya bisa ditonton oleh pengguna terdaftar berusia 18 tahun atau lebih. Pada November 2006, YouTube, LLC dibeli oleh Google dengan nilai US$1,65 miliar dan resmi beroperasi sebagai anak perusahaan Google.

Beberapa Fitur – fitur dari Youtube :

1. YouTube Editor : memotong durasi tertentu dalam video, memungkinkan Anda untuk menemukan hak cipta musik gratis yang dapat Anda tambahkan ke video Anda. Ia juga menawarkan beberapa fitur canggih,antara lain adalah Slow Motion,remove jerky camera motions dan masih banyak lagi fitur Youtube Edittor yang layak anda coba.

2. YouTube MySpeed  :  kecepatan video streamingAnda dan bandingkan dengan kecepatan rata-rata

3. YouTube Disco  : Fitur YouTube Disco memungkinkan Anda untuk menemukan video pilihan Anda, membuat daftar track dankemudian dengan mudah melihat mereka tanpa perlu untuk memilih – milih video.

4. YouTube Leanback : dapat menghubungkanTV ke komputer untuk menikmati Nonton Youtube di TV.Bahkan bukan hanya itu,anda juga bisa mengontrol semua yang ada di YouTube Leanback dari perangkan mobile anda yang mendukung fitur tersebut.

5. Always play HD on full screen  : memilih kualitas video yang kita lihat.Jika Anda memiliki koneksi yang lambat( Loading mulu RED ), Anda tidak perlu memilih memutar video dalam kulitas tinggi..

6. YouTube Live : Fitur ini sangat cocok buat orang orang yang tidak mau ketinggalan berita,sepak bola dan acara live lainnya.Youtube Live menyediakan channnel yang menyiarkan langsung Acara TV ke youtube.

7. YouTube Charts : dapat memilih kategori tertentu untuk menentukan video terbaik dalam kategori tertentu. Anda bahkan dapat menyaring video untuk menentukan apa video  populer minggu ini, bulan ini atau tahun ini.

Kelebihan dari Youtube :

1. bisa melihat dan mengupload video yang kita suka

2. sebagai ajang promosi diri

3. bisa mendownload setiap video

4. bisa belajar streaming, banyak video bermanfaat

5. ukurannya ada yang HD, bisa di download

6. videonya banyak

Kekurangan dari Youtube :

1. bisa disalahgunakan penggunanya

2. banyak informasi yang menyesatkan

3. banyak negara yang memblok Youtube

4. Karena terlalu bebas upload jadi banyak video yang tidak berguna atau video pornografi yang terupload

5. gambarnya tersendat sendat

6. banyak video dengan kualitas buruk

7. tidak cocok untuk slow conection

8. tidak bias download secara langsung

 

Sumber :

http://id.wikipedia.org/wiki/facebook
http://aninditosuangga.wordpress.com/2011/11/10/analisa-new-media/
http://id.wikipedia.org/wiki/Twitter
http://mizan.com/news_det/4-manfaat-twitter-selain-untuk-hiburan.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Youtube
http://evanvibration.blogspot.com/2013/08/beberapa-fitur-youtube-yang-mungkin.html#.UmpXSflSh94

Posted on 25/10/2013, in New Media. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: